Festival Kampung Langai Situbondo 2014

06.56 Redaksi 0 Comments

Komunitas rumah baca “Damar Aksara” berdiri pada tahun 2012 lalu. Berdirinya komunitas rumah baca digagas oleh putra-putri daerah Situbondo yang memiliki kepedulian dalam pengembangan kreativitas dan budaya literasi. Konsepnya adalah menjadi wadah untuk sarana berkreasi dan pembelajaran bagi masyarakat, terutama generasi muda.

Wadah berkreasi dan pembelajaran diterapkan dalam beberapa program yang sudah dijalankan. Di antaranya adalah: 1) perpustakaan dengan koleksi buku telah dimanfaatkan oleh para pelajar, mahasiswa, seniman, dan anak-anak di sekitar rumah baca untuk menunjang pengetahuan mereka; 2) kegiatan diskusi perbukuan, dokumentasi dan penulisan potensi sosial-budaya di Situbondo, pementasan karya sastra dan musik; 3) pembelajaran fotografi dan seni rupa; 4) pembelajaran musik; serta 5) usaha kreatif dan jasa.  

Dua tahun berturut-turut, komunitas rumah baca membuat pementasan di kampung Langai. Pada 2012 lalu, dibuat kegiatan “Langai Bersajak”, diisi acara bedah puisi karya Ratna Kumala (Semarang), serta puisi karya Arys Aditya dan Halim Bahriz (Jember). Kegiatan dikemas dalam bentuk pertunjukan pembacaan dan musikalisasi puisi dikolaborasi dengan pemetasan seniman-seniman Situbondo. Di tahun berikutnya, dibuat kegiatan “Langai Bernada”, diisi acara pementasan musik etnik dan pembacaan puisi oleh anak-anak PAUD di kampung Langai.

Di tahun 2014 ini, pengurus komunitas rumah baca membuat program kegiatan “Festival Kampung Langai”. Bentuk kegiatannya akan diisi, 1) pementasan musik dengan melibatkan sejumlah grup/komunitas musik di Situbondo; 2) pameran karya foto tentang kampung Langai; serta 3) penulisan sejarah kampung Langai. Tujuannya adalah sebagai wujud pengkaryaan atas hasil proses berkreasi di rumah baca, menghibur masyarakat di kampung Langai, dan sebagai ajang silaturahmi sekaligus mengenal lebih dalam tentang kehidupan masyarakat di kampung Langai.


Semoga kegiatan kami, komunitas rumah baca, dapat berkontribusi positif bagi masyarakat Situbondo dalam upaya pengembangan kreativitas dan pembelajaran. Segenap bantuan dan kerjasama dari semua pihak, akan sangat mendukung terselenggaranya kegiatan ini.

0 komentar: